Modus Baru Penipu Google Kuras Rekening, Begini Caranya

Foto: Infografis/ Flexing di Medsos, Sasaran Empuk Penipu Online Kuras Rekening/ Ilham Restu

Belakangan ramai akun Google Business tempat usaha seperti hotel hingga restoran, diubah dan dipalsukan.

Pakar keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan, fenomena yang terjadi sebenarnya adalah akun Google Business yang seharusnya dikelola oleh pemilik bisnis dan diberikan oleh Google, disalahgunakan dan diambilalih oleh penipu yang mengaku sebagai pemilik bisnis.

Pelaku mencoba mengelabui calon korban yang mengira sedang berhubungan dengan pemilik bisnis.

Ia menyebut bahwa semua tipe tempat usaha yang tercantum di Google Maps menjadi target pemalsuan atau pengambilalihan.

“Akun Google bisnis yang ada di Maps dengan mudah bisa diambilalih oleh penipu, apalagi kalau pemilik bisnisnya gaptek atau tidak peduli dengan akun bisnisnya yang disediakan oleh Google,” ujar Alfons kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/8/2024).

Lebih lanjut Alfons mengatakan, fitur edit kalau dikelola dengan baik dan diawasi oleh pemilik bisnis akan bisa aman dari eksploitasi.

Seharusnya pemilik bisnis mengelola layanan ini atau meminta bantuan pihak ketiga untuk mengelola akunnya.

Cara Mudah Menangkap Pelaku

Untuk menangkap pelaku, pihak kepolisian bisa meminta informasinya kepada Google atas IP yang mengakses dan mengubah data tersebut.

Selain itu ada cara mudah menangkap pelaku. Karena pelaku akan memasukkan informasi kontak yang dapat dihubungi untuk menjerat korban. Dari situ, pihak berwenang tinggal melacak nomor kontak yang ditinggalkan penipu.

TipsĀ Terhindar dari Penipuan Google Business

Tips bagi masyarakat, untuk pertama kali, sebaiknya pastikan secara fisik dahulu lokasi bisnis di Google Maps.

Konsumen jangan mudah percaya ketika mendapatkan nomor kontak dari Google Maps. Apalagi ketika diminta mengirimkan uang muka atau tanda jadi. Anda harus ekstra hati-hati dan melakukan cek secara berulang.

“Lakukan transfer hanya jika sudah yakin nomor kontak dan nomor rekening penerima adalah benar pemilik bisnis,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*