Jokowi Resmikan Proyek Rp 2,1 T di Jawa Timur, Ini Daftarnya

Presiden Jokowi Resmikan Gedung RS Kemenkes Surabaya, 6 September 2024. (Tangkapan Layar Youtube)
Foto: Presiden Jokowi Resmikan Gedung RS Kemenkes Surabaya, 6 September 2024. (Tangkapan Layar Youtube)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beberapa infrastruktur di kawasan Jawa Timur, yaitu flyover Djuanda Sidoardjo, 9 penggantian jembatan callender hamilton, dan 11 ruas jalan daerah sepanjang 66 kilometer.

“Kami terus membangun dan memperbaiki infrastruktur di berbagai daerah agar konektivitas semakin baik, agar aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin lancar, sehingga biaya logistik semakin murah dan efisien. Pada akhirnya perekonomian daerah semakin maju,” kata Jokowi dalam acara peresmian di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Jokowi mengatakan flyover Djuanda dibangun sejak tahun 2022 yang menelan anggaran mencapai Rp 363 miliar. Kemudian penggantian 9 jembatan callender hamilton dengan total panjang mencapai 79 meter yang menelan anggaran RP 1,4 triliun.

Jembatan itu tersebar di 8 kabupaten/kota. Mulai dari kota Kediri, kota Blitar, kabupaten Tulungagung, kabupaten Pacitan, kabupaten Trenggalek, kabupaten Bojonegoro, kota Jember, dan kabupaten Banyuwangi.

Sedangkan 11 ruas jalan daerah yang dibangun sepanjang 66 kilometer ini tersebar di 8 wilayah kota/kabupaten di Jawa Timur. seperti dari Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Sidoarjo, Lamongan.

Sebanyak 11 Ruas ruas jalan itu merupakan bagian dari pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, dengan anggaran Rp 379 miliar. Sehingga total biaya pembangunan untuk flyover, penggantian jembatan, hingga perbaikan dan pembangunan jalan daerah di kawasan Jawa Timur itu mencapai Rp 2,14 triliun.

https://extension.jp.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*